Meluruskan Salah Faham Tentang Salafy (Ahlussunnah)

Mungkin kita sering mendengar istilah salafy atau salaf, akan tetapi banyak yang tidak kenal dan serta merta kita ikut terbawa arus membenci dan menyebarkan isu tentang sesatnya dakwah salafy (ahlussunnah). Padahal dia belum mengerti apa itu salafy atau ahlussunnah. Alangkah baiknya kaum muslimin bertabayyun (cross cek) terlebih dahulu sebelum menuduh saudaranya semuslim kafir, sesat dan lain sebagainya. Seperti yang terjadi di Lombok beberapa waktu lalu tentang perusakan dan pengusiran orang-orang yang belajar agama dengan pemahaman ahlussunnah (Salafy). Di sini akan saya bawakan fatwa MUI Jakarta Utara tentang hal tersebut sehingga menjadi lebih jelas adanya.

Fatwa tersebut bisa di download di SINI. Kami berharap dengan fatwa ini menjadi jelas dan bisa meluruskan pemahaman masyarakat tentang dakwah ahlussunnah ( salafy ) ini dan dapat di terima oleh masyarakat.

Artikel terkait :

siapa salaf/salafy

Arti Dan Karakteristik Aqidah Salaf

Sahabat dan Tabi’in Berargumentasi Dengan Manhaj Salaf

About wahonot

I a salafy man

Posted on April 22, 2009, in Fatwa, Manhaj. Bookmark the permalink. 5 Komentar.

  1. assalamu’alaikum..dulu pernah ana buat cuma lupa tak upload mas.

    insya Allah, ntar tak ulpoad…


    wa’alaikumussalam….
    ana dikirimi juga ya via email

  2. semoga ALLAH membukakan pintu hati orang2 yg memfitnah,yg mengatakan salafy(AHLUSSUNAH)sesat.

  3. Ya Allah singkirkanlah iblis2 syubhat dn fitnah thadp dakwah salafy agr diterima masyarakat dan tampakanlah karomah yg haq kpd wali2MU yg haq,demi Allah sy seorg sufi klo tdk menemukan manhaj salaf mgkn akan mnjadi org gila krna bnykny kerancuan n godaan,Alhamdulillah Ya ALlah hidupkan aku dalam islam n sunnah n jayakan aku dlm islam n sunnah n matikan aku dlm islam n sunnah

  4. asalamu’alaikum.wr.wb………….?
    saya hamba ALLAH yang ingin tahu banyak tentang kenyataan islam yang sebenarnya!
    saya telah lama ingin mengetahui islam yang sebenarnya,karena rasa ingin tahu yg besar tadi,saya telah mencari tahu n tlah mengkaji akal kan!
    yang saya heran kan mengapa islam sekarang banyak yang berbeda-beda!
    padahal yang di agungkan hanya 1,yaitu ALLAH SWT……..tlong jlskn????
    jadi sbg hamba ALLAH saya harus tahu mana islam yang sebenarnya!
    setelah saya tanya2 dgn teman saya,akhirnya saya temukan situs ini,jadi tolong beri tahukan saya akan islam sebenarnya?
    karena saya takut salah langkah!
    mhon bantuan nya………..wahai hamba ALLAH….!!!
    wassalam………
    wa’alaikumussalam, amaaf baru membalas. sebagai hamba Alloh pantas kita bersyukur atas hidayah yg Alloh berikan kepada kita untuk mendapatkan agama islam ini, sebenarnya jika mebahas panjang lebar masalh ini akan tidak cukup tempatnya, akan tetapi secara mudahnya belajarlah islam yang berasal dari sumbernya yaitu dari generasi terbaik umat ini yaitu dari para sahabat, akan tetapi kita tidak mungkin mendapatkannya maka belajarlah dari muridnya, jika ga bisa maka belajar dr murid muridnya sahabat dan seterusnya maka ( semua itu akan berpulang pada kata ahlussunnah atau ahlu hadist atau para ulama) karena itu peganglah quran dan hadist sesuai dengan pemahaman mereka, sahabat, murid sahabat, muridnya murid sahabat, karena merekalah yg th turunnya ayat, bagaimana turunnya, dimn turunnya dsb) jangan mengikuti golongan2 yg ada, tapi belajarlah dari orng yg benar2 anda mengerti ilmunya.yaitu yg bersumber dari alquran dan hadist nabi dg pemahaman para salaf ashsholih (sahabat, tabi’in , tabiut tabiin dan para ulama yg mengikuti mereka).nabi bersabda ketika ditanya ttg masalh aljamaah maka nabi bersabda, “apa-apa yg aku dan para sahabatku berada diatasnya”

  5. ma’af saya lupa…………
    tolong bagi saya akan pedoman shalat yang baik & benar!
    karena yang pertama x di tanyakan yang pasti nya amal shalat,& yang lain2 nya tidak akan di terima bila shalat nya gx bener!!!!
    jadi tlong bantuan nya………..???
    makasih sebelumnya!!!!


    maaf baru balas, anda bisa buka dan pelajari buku tentang sifat sholat nabi karya ulama besar ahli hadist syikh nashiruddin alalbani, disana sangat detail berikut ttng hadist hadistnya. semoga membantu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: